RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas /
Semester :
XII/ 2(dua)
Materi
pelajaran :
Membaca
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( 2 x
pertemuan )
A. Standar Kompetensi
11. Memahami
ragam wacana tulis melalui kegiatan membaca cepat dan membaca intensif.
B.
Kompetensi Dasar
11.1 Menemukan ide
pokok suatu teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit.
C. Indikator
1. Siswa mampu
menemukan ide pokok teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit.
2. Siswa mampu
menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia.
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta
didik dapat menemukan ide pokok teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit.
2.
Peserta
didik dapat mengungkapkan pokok-pokok isi bacaan.
3.
Peserta
didik dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan isi bacaan.
Ø Karakter siswa yang diharapkan :
·
Dapat
dipercaya
·
Tekun
·
Berani
·
Ketulusan
·
Tanggung
jawab
E.
Materi Pembelajaran
A. Menemukan
Ide Pokok Suatu Teks dengan Membaca Cepat 300-350 Kata per Menit
1.
Mengungkapkan Pokok-pokok Isi Bacaan
Membaca adalah
kegiatan merespons lambang-lambang cetak atau lambang tulis dengan pengertian
yang tepat. Pembaca yang mahir akan memberikan respons terhadap pernyataan penulis
dengan baik sehingga ia dapat memahami maksud penulis dengan cepat. Membaca
cepat adalah kegiatan membaca dengan cepat untuk memahami informasi atau pokook
bacaan. Dengan menggunakan teknik ini proses membaca dilakukan secara
melompat-lompat dengan melihat pokok-pokok pikiran utama bacaan. Ketepatan dn
kecepatan membaca akan terbangun dengan sendirinya jika Anda sering berlatih
membaca. Membaca cepat dilakukan dengan cara membaca dalam hati.
Strategi
membaca cepat dilakukan dengan tujuan memahami intisari bacaan, bukan detail
bacaan. Pembaca yang andal selalu membaca dengan cara melompati bagian-bagian
yang tidak perlu mendapat respons. Bagian-bagian yang sudah diketahui tidak
perlu dibaca lagi. Bagian yang perlu dibaca adalah kata kunci.
Kata
kunci adalah kata-kata atau frasa-frasa yang jika dihilangkan dapat menimbulkan
salah paham atau menyebabkan bahan bacaan itu tidak dapat dipahami.
Berikut
ini kiat-kiat untuk meningkatkan kecepatan membaca.
1.
Berkonsentrasilah dengan bacaan yang
akan Anda baca.
2.
Bacalah tanpa mengeluarkan suara,
menggerakkan bibir, atau gelengan kepala.
3.
Jangan menggunakan jari atau benda lain
untuk menunjuj kata demi kata.
4.
Bacalah per satuan makna atau fungsi
kalimat.
5.
Jangan mengulang kata atau kalimat yang
sudah dibaca.
6.
Jangan mengeja dalam hati huruf atau
kata-kata yang dibaca.
7.
Berlatihlah mengatur nafas.
Kecepatan membaca seseorang dapat
dihitung melalui cara sebagai berikut.
1.
Standar kecepatan membaca siswa SMA
adalah 300-350 kata per menit.
Dengan
demikian, Anda dapat dikatakan memiliki kemampuan membaca cepat dengan baik
apabila mampu membaca 300-350 kata per menit.
Rumus mengukur
kecepatan membaca dengan ukuran satuan kata per menit (kpm) sebagai berikut.
Jumlah kata
yang dibaca X 60 = jumlah kpm (kata per
menit)
Jumlah detik untuk membaca
Untuk
menghitung jumlah kata dalam bacan yang dibaca, hitunglah jumlah kata dalam
lima baris dahulu, lalu dibagi lima. Hasilnya merupakan jumlah rata-rata per
baris dari bacaan itu. Kemudian hitunglah jumlah baris yang dibaca dan kalikan
dengan jumlah rata-rata tadi. Jumlah rata-rata tadi. Hasilnya merupakan jumlah
kata yang dibaca. Misalnya:
Jumlah kata per
lima baris 50 kata :5. Jadi, jumlah per baris 10 kata.
Jumlah baris
dalam bacaan yang dibaca 60.
Jumlah kata
yang dibaca 60 x 10 = 600 kata.
2. Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi bacaan.
Kalian bisa membaca cepat dengan strategi membaca yang
tepat sehingga bisa memahami intisari bacaan. Dengan memahami intisari bacan
dan mengetahui pokok-pokok isi bacaannya, kalian bisa menjawab pertanyaan dari
orang lain tentang apa isinya. Paling tidak, dari seluruh pertanyaan, 75 %
dapat dijawab.
F. Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Pendekatan Inquiri
2. Metode : Ceramah, Tanya jawab dan Penugasan
3. Model Pembelajaran : Pembelajaran Langsung
G. Media dan
Sumber belajar
1.
Buku Paket
2.
Koran/majalah
3.
Papan Tulis
H. Langkah-Langkah Kegiatan
Pembelajaran
1.
Kegiatan awal
Apersepsi
:
·
Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam pembuka, berdoa dan mengecek kehadiran peserta
didik.
·
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
·
Guru menyampaikan rencana
kegiatan pembelajaran
2. Kegiatan inti
Eksplorasi:
·
Guru menjelaskan meteri pembelajaran.
·
Guru memberi tugas dengan siswa, untuk dapat
menemukankan pokok-pokok isi bacaan dalam sebuah paragraf sesuai dengan materi
yang sudah dibagikan oleh guru kepada peserta didik.
·
Melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
Elaborasi:
·
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk bertanya mengenai materi pembelajaran yang telah dibahas.
· Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membaca
buku atau koran/majalah dengan kecepatan membaca 300-350 kata per menit.
Setelah itu, tutup buku dan tuliskan pokok-pokok isi koran/majalah atau buku yang
sudah dibaca.
· Guru menyuruh setiap
peserta didik untuk melaporkan hasil
yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
· Peserta didik memberikan
tanggapan, setelah itu guru menunjuk siswa lain dan seterusnya.
Konfirmasi:
·
Guru melakukan tanyajawab kepada peserta didik tentang
hal-hal yang belum dimengerti oleh peserta didik.
·
Guru bersama siswa
bertanyajawab guna melakukan kesalahpahaman memberi penguatan dan penyimpulan.
3.
Kegiatan Penutup
· Guru mengulang
dan menjelaskan kembali materi pembelajaran yang sudah dijelaskan sebelumnya.
· Guru bersama siswa mampu menyimpulkan materi pelajaran
yang sudah dibahas.
· Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa dengan
menentukan sebuah koran atau majalah. Kemudian, datalah 10 fakta dan 10 opini
dari koran atau majalah tersebut.
·
Guru mengakhiri kegiatan dengan menutup
salam.
I. Penilaian
1. Jenis
Tagihan : Tugas Individu
2. Bentuk Intrumen : Uraian Terstruktur
3. Instrumen/soal
Teks 1
Saudara, hari ini terjadi musibah di Sungai Baharok
Langkat Sumatra Utara. Korban yang ditemukan tewas 105 orang. Banjir bandang
begitu cepat datang sehingga siapa saja yang terkena akan hantut dibawahnya.
Jika Anda ingin memberikan komentar, Anda dapat menelpon ke Radio News FM di
756546898
Pokok-pokok yang terdapat dalam paragraf di atas adalah....
Jawaban:
1.
Terjadi
banjir bandang
2.
Tempat
kejadian di Sungai Bahorok
3.
Korban
tewas 105 orang
4.
Langkat
terletak di Sumatra Utara
Teks 2
Penggunaan
material asing di dalam tubuh manusia bukan hal baru. Material asing itu
berguna untuk membantu menjalankan beberapa fungsi tertentu organ tubuuh.
Istilah cangkok tulang, misalnya kalau tulang kaki Anda retak karena kecelakaan
atau yang lebih sederhana, lenca kontak mata, adalah contoh paling dekat dari
penggunaan dari material asing.
Isi teks di atas adalah....
Jawaban:
Organ tubuh manusia dapat dibantu oleh material asing untuk menjalankan
beberapa fungsi tertentu.
Teks 3
Empat perguruan tinggi negeri (PTN) Indonesia akan masuk
dalam buku Guide to theTtop Universities Ranking (GTTTWUR), yang terbit
November ini. Buku yang diterbitkan QS Quacquarelli Sympnds bersama Blackwell Publishing,
Inggris, itu adalah panduan bagi calon mahasiswa dalam memilih dan
membandingkan Universitas terbaik dunia.
Profil keempat perguruan tinggi Indonesia itu mendapat
tempat karena termasuk dalam 520 Universitas ngetop dunia. Mereka adalah
Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universias Gaja
Mada (UGM), dan Universitas Diponogoro (UNDIP).
Kalimat pertanyaan yang ssuai dengan teks di atas, adalah....
Jawaban:
Apakah buku panduan bagi calon mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi
berkualitas itu diterbitkan Amerika?
No comments:
Post a Comment