RIZKIE ABANGNYA ERIEL PUTRA ASLI LUBUKLINGGAU

Wednesday, June 1, 2016

Contoh RPP SMA Bahasa Indonesia



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Sekolah                                   : SMA
Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                     : XII/ 2(dua)
Materi pelajaran                   : Membaca                  
Alokasi Waktu                       : 2 x 45 menit ( 2 x pertemuan )

A.  Standar Kompetensi
11. Memahami ragam wacana tulis melalui kegiatan membaca cepat dan      membaca intensif.
B.  Kompetensi Dasar
11.1 Menemukan ide pokok suatu teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit.
C. Indikator
1. Siswa mampu menemukan ide pokok teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit.
2. Siswa mampu menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia.
D.  Tujuan Pembelajaran
1.    Peserta didik dapat menemukan ide pokok teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit.
2.    Peserta didik dapat mengungkapkan pokok-pokok isi bacaan.
3.    Peserta didik dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan isi bacaan.
Ø  Karakter siswa yang diharapkan :  
·         Dapat dipercaya
·         Tekun
·         Berani
·         Ketulusan
·         Tanggung jawab


E.   Materi Pembelajaran
A. Menemukan Ide Pokok Suatu Teks dengan Membaca Cepat 300-350 Kata per Menit
1. Mengungkapkan Pokok-pokok Isi Bacaan
            Membaca adalah kegiatan merespons lambang-lambang cetak atau lambang tulis dengan pengertian yang tepat. Pembaca yang mahir akan memberikan respons terhadap pernyataan penulis dengan baik sehingga ia dapat memahami maksud penulis dengan cepat. Membaca cepat adalah kegiatan membaca dengan cepat untuk memahami informasi atau pokook bacaan. Dengan menggunakan teknik ini proses membaca dilakukan secara melompat-lompat dengan melihat pokok-pokok pikiran utama bacaan. Ketepatan dn kecepatan membaca akan terbangun dengan sendirinya jika Anda sering berlatih membaca. Membaca cepat dilakukan dengan cara membaca dalam hati.
            Strategi membaca cepat dilakukan dengan tujuan memahami intisari bacaan, bukan detail bacaan. Pembaca yang andal selalu membaca dengan cara melompati bagian-bagian yang tidak perlu mendapat respons. Bagian-bagian yang sudah diketahui tidak perlu dibaca lagi. Bagian yang perlu dibaca adalah kata kunci.
            Kata kunci adalah kata-kata atau frasa-frasa yang jika dihilangkan dapat menimbulkan salah paham atau menyebabkan bahan bacaan itu tidak dapat dipahami.
            Berikut ini kiat-kiat untuk meningkatkan kecepatan membaca.
1.    Berkonsentrasilah dengan bacaan yang akan Anda baca.
2.    Bacalah tanpa mengeluarkan suara, menggerakkan bibir, atau gelengan kepala.
3.    Jangan menggunakan jari atau benda lain untuk menunjuj kata demi kata.
4.    Bacalah per satuan makna atau fungsi kalimat.
5.    Jangan mengulang kata atau kalimat yang sudah dibaca.
6.    Jangan mengeja dalam hati huruf atau kata-kata yang dibaca.
7.    Berlatihlah mengatur nafas.
           
Kecepatan membaca seseorang dapat dihitung melalui cara sebagai berikut.
1.    Standar kecepatan membaca siswa SMA adalah 300-350 kata per menit.
Dengan demikian, Anda dapat dikatakan memiliki kemampuan membaca cepat dengan baik apabila mampu membaca 300-350 kata per menit.
Rumus mengukur kecepatan membaca dengan ukuran satuan kata per menit (kpm) sebagai berikut.
Jumlah kata yang dibaca    X 60 = jumlah kpm (kata per menit)
Jumlah detik untuk membaca
     Untuk menghitung jumlah kata dalam bacan yang dibaca, hitunglah jumlah kata dalam lima baris dahulu, lalu dibagi lima. Hasilnya merupakan jumlah rata-rata per baris dari bacaan itu. Kemudian hitunglah jumlah baris yang dibaca dan kalikan dengan jumlah rata-rata tadi. Jumlah rata-rata tadi. Hasilnya merupakan jumlah kata yang dibaca. Misalnya:
Jumlah kata per lima baris 50 kata :5. Jadi, jumlah per baris 10 kata.
Jumlah baris dalam bacaan yang dibaca 60.
Jumlah kata yang dibaca 60 x 10 = 600 kata.
2. Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi bacaan.
Kalian bisa membaca cepat dengan strategi membaca yang tepat sehingga bisa memahami intisari bacaan. Dengan memahami intisari bacan dan mengetahui pokok-pokok isi bacaannya, kalian bisa menjawab pertanyaan dari orang lain tentang apa isinya. Paling tidak, dari seluruh pertanyaan, 75 % dapat dijawab.
F.  Metode Pembelajaran    
1. Pendekatan               : Pendekatan Inquiri
2. Metode                     : Ceramah, Tanya jawab dan Penugasan
3. Model Pembelajaran : Pembelajaran Langsung
G. Media dan Sumber belajar
1.    Buku Paket
2.    Koran/majalah
3.    Papan Tulis
       H. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan awal                                                                     
Apersepsi :
·      Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam pembuka, berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik.
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·      Guru menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran

2.    Kegiatan inti
Eksplorasi:
·      Guru menjelaskan meteri pembelajaran.
·      Guru memberi tugas dengan siswa, untuk dapat menemukankan pokok-pokok isi bacaan dalam sebuah paragraf sesuai dengan materi yang sudah dibagikan oleh guru kepada peserta didik.
·      Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
Elaborasi:
·      Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya mengenai  materi pembelajaran yang telah dibahas.
·    Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membaca buku atau koran/majalah dengan kecepatan membaca 300-350 kata per menit. Setelah itu, tutup buku dan tuliskan pokok-pokok isi koran/majalah atau buku yang sudah dibaca.
·    Guru menyuruh setiap peserta didik untuk  melaporkan hasil yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
·    Peserta didik memberikan tanggapan, setelah itu guru menunjuk siswa lain dan seterusnya.
Konfirmasi:
·      Guru melakukan tanyajawab kepada peserta didik tentang hal-hal yang belum dimengerti oleh peserta didik.
·      Guru bersama siswa bertanyajawab guna melakukan kesalahpahaman memberi penguatan dan penyimpulan.
3.      Kegiatan Penutup
·      Guru mengulang dan menjelaskan kembali materi pembelajaran yang sudah dijelaskan sebelumnya.
·       Guru bersama siswa  mampu menyimpulkan materi pelajaran yang  sudah dibahas.
·      Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa dengan menentukan sebuah koran atau majalah. Kemudian, datalah 10 fakta dan 10 opini dari koran atau majalah tersebut.
·      Guru mengakhiri kegiatan dengan menutup salam.
I.     Penilaian
1. Jenis Tagihan          : Tugas Individu
2. Bentuk Intrumen    : Uraian Terstruktur
3. Instrumen/soal
Teks 1
Saudara, hari ini terjadi musibah di Sungai Baharok Langkat Sumatra Utara. Korban yang ditemukan tewas 105 orang. Banjir bandang begitu cepat datang sehingga siapa saja yang terkena akan hantut dibawahnya. Jika Anda ingin memberikan komentar, Anda dapat menelpon ke Radio News FM di 756546898
Pokok-pokok yang terdapat dalam paragraf di atas adalah....
Jawaban:
1.    Terjadi banjir bandang
2.    Tempat kejadian di Sungai Bahorok
3.    Korban tewas 105 orang
4.    Langkat terletak di Sumatra Utara
Teks 2
            Penggunaan material asing di dalam tubuh manusia bukan hal baru. Material asing itu berguna untuk membantu menjalankan beberapa fungsi tertentu organ tubuuh. Istilah cangkok tulang, misalnya kalau tulang kaki Anda retak karena kecelakaan atau yang lebih sederhana, lenca kontak mata, adalah contoh paling dekat dari penggunaan dari material asing.
Isi teks di atas adalah....

Jawaban:
Organ tubuh manusia dapat dibantu oleh material asing untuk menjalankan beberapa fungsi tertentu.
Teks 3
Empat perguruan tinggi negeri (PTN) Indonesia akan masuk dalam buku Guide to theTtop Universities Ranking (GTTTWUR), yang terbit November ini. Buku yang diterbitkan QS Quacquarelli Sympnds bersama Blackwell Publishing, Inggris, itu adalah panduan bagi calon mahasiswa dalam memilih dan membandingkan Universitas terbaik dunia.
Profil keempat perguruan tinggi Indonesia itu mendapat tempat karena termasuk dalam 520 Universitas ngetop dunia. Mereka adalah Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universias Gaja Mada (UGM), dan Universitas Diponogoro (UNDIP).
Kalimat pertanyaan yang ssuai dengan teks di atas, adalah....
Jawaban:
Apakah buku panduan bagi calon mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi berkualitas itu diterbitkan Amerika?

No comments:

Post a Comment