RIZKIE ABANGNYA ERIEL PUTRA ASLI LUBUKLINGGAU

Thursday, May 8, 2014

Makalah Pragmatik


MAKALAH
PRAANGGAPAN, IMPILIKATUR DAN ENTAILMENT









Oleh

Riana Susanti  ( 2012098 )
Bent Afriansi  ( 2012071 )


Di Susun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliya Pragmatik dengan Dosen 
Pengampu Noermanzah, M. Pd. 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SATRAINDONESIA
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN 
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
(STKIP-PGRI) Kota Lubuklinggau
Tahun Ajaran 2013 /2014




KATA PENGANTAR

Tidak dapat disangkal lagi bahwah bahasa sebagai system tanda bunyi yang telah di sepakati oleh para anggota  kelompok masarakat tertentu dalam bekerja sama, berkomunikasi dan mengidentipikasi dari dengan kemampuan yang dimiliki itulah seseorang dengan mudah dalam berkomunikasi oleh sebab itu makalah yang kami buat guna memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya mahasiswa dalam mata kuliya prakmatik dengan bahasan Makalah “Presuposisi , Implikatur, dan Entailmen”.
Makalah ini di buat dengan segala kekuranganya dan hal ini tidak perlu pemakalah tutupi. segala tegus sapa demi perbaikan makalah disebut dengan tangan terbuka dan dengan senang hati. 


Lubuklinggau,    Maret 2014


Penulis













DAFTAR ISI

Halaman Judul i
Kata Pengantar ii
Daftar Isi iii

Bab I               Pendahuluan 1
A. Latar Belakang 1
B. Rumusan 2
C. Tujuan 2
D. Manfaat 2

Bab II              Pembahsan
Hakikat Presuposis, Implikatu, Dan Entailmen

Bab III             Penutup
Kesimpulan  
Saran  
Daftar Pustaka




BAB I
PENDAHULUAN 

A. Latar belakang. 
Bahasa pada dasarya merupakan alat untuk Berkomunikasi sehingga memudakan seseorang untuk melakukan pembicaraan Terhadap siapa saja yang ada di lingkungan sekitarnya. ilmu yang khusus mempelajari bahasa sebagai system tanda bunyi yang telah di sepakati oleh para anggota kelompok masyarakat tertentu dalam bekerja sama, berkomunikasi , mengidentipikasi diri. 

Sebagi ilmu kajian bahasa lingustik memiliki berbebagai cabang ilmu, antara lain : Fonologi Morfologi Sintaksis, Sematik dan Pragmatik. Pregmatik sendiri merupakan cabang lingustik yang mengkaji  struktur bahasa secara efstarnal. Yakni menggunakan satuan kebahasaan dalam komunikasi prakmatik adalah aspek –aspek pemakayan bahasa atau kontas luar bahasa yang memberikansumbangan Pada ujaran .
Sehingaga dalam bahasan makalah kolompok Yakni akan membatas tentang “peragapan ,implikatur ,dan entailment ‘agar nantinaya makalah yang dibuat sempat memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam pelajaran serta mempermudah dalam memenuhi kajian bahasa pragmatik khususnya bahasa tentang “pragapan implikatur ,dan entailmen” yang juga dapat menambah pengtahuan baik untuk tim peyaji maupun kelompok-kelompok belajar lainnya makalah ini di buat guna memenuhi tugas kuliah pragmatik yang di ampuh oleh dosen Hoermanzah, M.Pd 






B. Rumus masalah 
Bagaimana hakikat peranggapan implikatu ,dan entailment?

C. Tujuan 
Menjelaskan tentang hakikat peragapan ,implikatur ,danentailment

D. Manfaat 
Memahami konsef materi pragapan impliktur dan entailment .serta mempelajri bagimana cara membuat karta ilmia 






















BAB II
PEMBAHSAN 
Hakikat  Presuposisi, Impikator, Dan Entailiment

Menurut wajana dan rohmadi (2008:38-40) Bahwa hakikat persupsi merupakan “sebuah kalimatdikatakan mempersubsikan kalimat tentang lain Jika ketidak kebenaran kalimat yang kedua ( jika di presuposikan ) mengakibatkan kalimat pertama ( Yang mempresuposisikan )  tidak dapat di katakan benar atau salah, dapat di perliahatkan kalimat berikut.
(1 ) Buku Siti Hurbaya Sangat Mengikat 
(2) Istri Pejabat Itu Cantik Sekali
Kalimat (1) mempresuposisikan bahwa ada buku yanga berjudul siti hurbaya bila memanag ada buku yang berjudul seperti itu kalimat (1) dapat dinilai atau salah sementara itu kalimat (2) mempreposisikan pejabat itu mampu akan tetapi bila hal sebaliknya menjai keyataan kalimat (2) tidak dapt dikatakan beneran nya Implikatur merupakan “bahwa sebua tuturan dapat mengngimplikasikan  proposisi yanga bukan merupakan bagian tuturan yang mengimplikasikan mutlak lebih jelas perhatiakan wacana berikut
(A) + ali sekarang memelihara kucing 
 - hati-hati meyimpan daging 
(B) + dimana ben?
-  dirumah 
Tuturan (-) dalam (A) bukan merupakan dari tuturan 
(+) tuturan (+) muncul akibat inferensi yang didasari oleh latar belakang pengetahuan tentang kucing dengan segalah sifatnya adapun salah satu sifatnya senang makan daging demekian pula tuturan (-) Dalam (B) merupakan bagian tuturan (+)  tuturan (-) muncul akibat infensi yang didasari latar belakang pengetahuan tentang ani ani adalah teman akrab tati kalau titi disana tentu ada pula disana “
Entailimen “ Hubungan Antara Tuturan Dengan maksudnya bersiafat mutlak penafsirannya juga berdasarkan pada latar belakang pengetahuan yang, sama berikut tuturan kalimat.
(a) + ali membunuh jony (b) + dimas menggoreng ikan – joni mati – dimas memasak ikan tuturan (-) dalam (A) dan (B) merupakan bagian atau konsekuensi mutlak dari 
Tuturan (+) karana membunuh secara mutalak mengakibatkan mati, dan menggoreng secara berarti memasak 

Menurut Rahrdi Kunjana(2005:42-44), pranggapan merupakan “sebuah tuturan dapat dikatakan mempranggapan tuturan yang lain apabila ketidak benaran tuturan yang dipresuposisikan mengakibatkan kebenaran atau ketidak benaran tuturan yang mempresuposisikan tidak dapat dikatakan”
Tuturan yang berbunyi mahasiswa tercantik di kelas itu pandai sekali. Memprangapan adanya seorang mahasiswa yang berparas sangat cantik. Apabila pada kenyataannya memang ada seorang mahasiswa yang sangat cantik, dikelas itu, tuturan diatas dapat dinilai benar atau salahnya.
Implikatur merupakan “ sebuah tuturan yang dapat mengimplikasikan proposisi  yang bukan merupakan bagian dari tuturan tersebut. Proposisi yang diimplikasikan itu dapat disebut dengan implikatur percakapan.”misalnya,tuturan yang berbunyi bapak datang, jangan menangis ! tidak semata - mata memberitahukan bahwa sang abah sudah datang dari tempat tertentu. Si penutur bermaksud memperingatkan mitra tutur bahwa sang yang bersikap keras dan sangat kejam itu akan melakukan sesuatu terhadapnya apabila ia masih terus menangis.
Pada implikatur mengatakan bahwa hubungan antara hubungan dengan maksudnya itu bersifat mutlak. Penofsiranya harus didasarkan pada latar belakang pengetahuan yang sama (the name background knowledge) antar penutur dan mitra tutur tentang sesuatu yang sedang pertuturkan itu. Berbeda dengan hal tersebut, didalam entailment  hubungtan tersebut bersifat Mutlak. Tuturan yang berbunyi “RENI HAMIL MUDA” mengindikasikan bahwa wanita yang bernama RENI itu sudah pernah berhubungan dengan seorang pria sehinga ia bisa hamil.  

Dari hakikat prangapan, implikatur dan entailmen diatas, dapat kami simpulkan bahwa :
-prangapan : suatu ujaran yang kebenaran dan ketidak benarannya
          tidak  dituturkan secara langsung dalam suatu ujaran tesebut
-implikatur : pertuturan yang sesungguhnya, penutur dan mitra tutur dapat secara lancer berkomunikasi
        Karena keduanya telah memiliki kesamaan latar belakang pengetashuan tentang sesuatu 
        Yang  dipertuturkan itu.
-entailment : penutur dan mitra tutur tentang sesuatau yang sedang dipertuturkan itu bersifat mutlak

















BAB  III
PENUTUP 

A. Kesimpulan 
Dari materi tentang peranggapan, implikatur dan entailment yang telah kami buat, dapat disimpulkan :
1) Perangapan : suatu ajaran yang kebenaran dan mitra tutur kan secara langsung dalam suatu ajaran tersebut
2) Implikatur : pertuturan yang sesungguhnya, penutur dan mitra tutur dapat secara lancer berkomunikasi karena keduanya telah memiliki kesamaan latar belakang pengetahuan tentang sesuatu yang dipertuturkan itu.
3) Entailment : penutur dan mitra tutur tentang sesuatu yang sedang dipertuturkan itu bersifat mutlak.

B. Mahasiswa yang telah mengikuti perkuliahan khususnya mata kuliah pragmatif haruslah mampu menguasai paling tidaknya tentang hakikat presuposisi,implikatur, dan entailment













DAFTAR PUSTAKA

Wijaan,i dewa putu, dan muhammad rohmadi.2008.analisis wacana progmatik.
 yogyakarta : Media Perkasa

Rohadi, Kunjana. 2005. Pragmatic (Kesantunan Impreatif Bahasa Indonesia).
Yogyakarta. Erlangga

Tangal Pembuatan : Minggu, 2 Februari 2014, jam : 13.30 s/d selesai











No comments:

Post a Comment