ILMU
ALAMIAH DASAR...
Ilmu alamiah atau sering disebut ilmu pengetahuan alam
(natural science) merupakan pengetahuan yang mengkaji tentang gejala - gejala
dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan
prinsip. IAD hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang
esensial saja.
A.
Manusia
Manusia
adalah mahluk yang lemah di bandingkan mahluk lain . Namun dengan akal budinya
serta kemauan yang kuat manusia dapat mengembangkan kemampuan dan tekhnologi. Dan
dengan ilmu pengetahuan manusia bisa hidup lebih baik lagi . manusia adalah sebaik-baiknya
mahluk yang telah di ciptakan tuhan. Patutnya syukurilah nikmat yang diberikan oleh Tuhan
yang maha esa karena dengan nikmatnya kita diberikan akal untuk berfikir, membedakan yang baik dan buruk juga dapat memperoleh ilmu pengetahuan.
serta kemauan yang kuat manusia dapat mengembangkan kemampuan dan tekhnologi. Dan
dengan ilmu pengetahuan manusia bisa hidup lebih baik lagi . manusia adalah sebaik-baiknya
mahluk yang telah di ciptakan tuhan. Patutnya syukurilah nikmat yang diberikan oleh Tuhan
yang maha esa karena dengan nikmatnya kita diberikan akal untuk berfikir, membedakan yang baik dan buruk juga dapat memperoleh ilmu pengetahuan.
Sifat
manusia selalu tidak pernah puas, maka ketersediaan sumber daya yang terbatas
tidak
bersesuaian dengan keinginan manusia yang tidak terbatas. Manusia pun mempunyai keinginan
rasa ingin tahu terhadap rahasia alam, selalu mencoba mencari jawaban dengan pengamatan dan
penggunaan pengalaman. Pengetahuan baru dari kombinasi antara pengalaman dan kepercayaan
disebut mitos.
bersesuaian dengan keinginan manusia yang tidak terbatas. Manusia pun mempunyai keinginan
rasa ingin tahu terhadap rahasia alam, selalu mencoba mencari jawaban dengan pengamatan dan
penggunaan pengalaman. Pengetahuan baru dari kombinasi antara pengalaman dan kepercayaan
disebut mitos.
B. Mitos
Pengetahuan
baru dari kombinasi antara pengalaman dan kepercayaan disebut mitos. Cerita-
cerita pada mitos disebut legenda . Kebenaran mitos masih bersifat simpang siur karena tidak
adabukti yang otentik dan disebarkan melalui cerita dari mulut ke mulut (lisan). Mitos dapat
diterima karena keterbatasan pengindraan, penalaran, dan hasrat ingin tahu yang harus di
penuhi. Puncak pemikiran mitos adalah pada zaman Babilonia yaitu kira-kira 700 - 600 SM.
Pengetahuan dan ajaran tentang orang Babilonia setengahnya merupakan dugaan, imajinasi,
kepercayaan,atau mitos. Pengetahuan ini disebut pseudo science (sains palsu). Ini adalah ilmu pengetahuan yang masih diragukan kebenarannya.
cerita pada mitos disebut legenda . Kebenaran mitos masih bersifat simpang siur karena tidak
adabukti yang otentik dan disebarkan melalui cerita dari mulut ke mulut (lisan). Mitos dapat
diterima karena keterbatasan pengindraan, penalaran, dan hasrat ingin tahu yang harus di
penuhi. Puncak pemikiran mitos adalah pada zaman Babilonia yaitu kira-kira 700 - 600 SM.
Pengetahuan dan ajaran tentang orang Babilonia setengahnya merupakan dugaan, imajinasi,
kepercayaan,atau mitos. Pengetahuan ini disebut pseudo science (sains palsu). Ini adalah ilmu pengetahuan yang masih diragukan kebenarannya.
C. Lahirnya Ilmu Alamiah
Panca
indera akan memberikan tanggapan terhadap semua rangsangan dimana tanggapan itu
menjadi sebuah pengalaman . Pengalaman merupakan salah satunya alasan terbentuknya
pengetahuan yakni kumpulan fakta-fakta yang pernah terjadi.
menjadi sebuah pengalaman . Pengalaman merupakan salah satunya alasan terbentuknya
pengetahuan yakni kumpulan fakta-fakta yang pernah terjadi.
D.
Keterbatasan Ilmu Alamiah
Bidang
ilmu alamiah yang menentukan ilmu alamiah adalah metode ilmiah. Tujuan ilmu alamiah
adalah membentuk dan menggunakan teori. Ilmu alamiah tidak menentukan moral atau nilai
suatu keputusan. Manusialah yang menilai apakah ilmu yang dipakainya baik atau buruk.
adalah membentuk dan menggunakan teori. Ilmu alamiah tidak menentukan moral atau nilai
suatu keputusan. Manusialah yang menilai apakah ilmu yang dipakainya baik atau buruk.
E.
Pembagian Ilmu Pengetahuan
•
Ilmu pengetahuan sosial Yakni ilmu
pengetahuan yang membahas hubungan antara
manusia sebagai mahluk sosial. Bagaiman huhubungan antar balik manusia dengan manusia
lainnya atau mahluk lain. Yang terbagi atas : Psikologi, Pendidikan, Antropologi, Etnologi,
Sejarah, Ekonomi, dan Sosiologi.
manusia sebagai mahluk sosial. Bagaiman huhubungan antar balik manusia dengan manusia
lainnya atau mahluk lain. Yang terbagi atas : Psikologi, Pendidikan, Antropologi, Etnologi,
Sejarah, Ekonomi, dan Sosiologi.
•
Ilmu Pengetahuan AlamYakni ilmu yang membahas tentang alam semesta, jagat raya
dan
seluruh isinya. Tentangpenciptaannya dan teori-teori pengetahuan yang bersifat ilmiah. Yang
terbagi atas:Fisika, Kimia, dan Biologi.
seluruh isinya. Tentangpenciptaannya dan teori-teori pengetahuan yang bersifat ilmiah. Yang
terbagi atas:Fisika, Kimia, dan Biologi.
•
Ilmu pengetahuan bumi dan antariksa Yakni ilmu yang membahas tentang bumi dan
isinya
serta antariksa yaitu ruang angkasa dan benda-benda langit yang ada di dalamnya. Yang
terbagi atas : Geologi dan Astronomi.
serta antariksa yaitu ruang angkasa dan benda-benda langit yang ada di dalamnya. Yang
terbagi atas : Geologi dan Astronomi.
Pengertian mitos, legenda and cerita
rakyat
Mitos adalah adalah satu cerita, pendapat atau
anggapan dalam sebuah kebudayaan yang
dianggap mempunyai kebenaran mengenai suatu perkara yang pernah berlaku pada suatu masa
dahulu, yang kebenarannya belum tentu benar adanya.
dianggap mempunyai kebenaran mengenai suatu perkara yang pernah berlaku pada suatu masa
dahulu, yang kebenarannya belum tentu benar adanya.
Legenda adalah cerita rakyat pada zaman dahulu
yang ada hubungannya dengan peristiwa sejarah.
Cerita Rakyat adalah cerita pada masa lampau yang menjadi ciri khas setiap bangsa yang
memiliki kultur budaya yang beraneka ragam mencakup kekayaan budaya dan sejarah yang
dimiliki masing-masing bangsa. cerita rakyat mengisahkan tentang suatu kejadian di suatu
tempat atau asal muasal suatu tempat. Tokoh-tokoh yang dimunculkan dalam cerita rakyat
umumnya diwujudkan dalam bentuk binatang, manusia maupun dewa. Fungsi Cerita rakyat
selain sebagai hiburan juga bisa dijadikan suri tauladan terutama yang mengandung pesan-pesan
pendidikan moral.
Cerita Rakyat adalah cerita pada masa lampau yang menjadi ciri khas setiap bangsa yang
memiliki kultur budaya yang beraneka ragam mencakup kekayaan budaya dan sejarah yang
dimiliki masing-masing bangsa. cerita rakyat mengisahkan tentang suatu kejadian di suatu
tempat atau asal muasal suatu tempat. Tokoh-tokoh yang dimunculkan dalam cerita rakyat
umumnya diwujudkan dalam bentuk binatang, manusia maupun dewa. Fungsi Cerita rakyat
selain sebagai hiburan juga bisa dijadikan suri tauladan terutama yang mengandung pesan-pesan
pendidikan moral.
* MITOS
Di indonesia masih banyak orang - orang yang
menanggapi serius dengan mitos - mitos yang ada, berikut contoh - contoh mitos
yang ada di indonesia :
Anak gadis dilarang keras makan di depan pintu,
katanya bisa batal dilamar orang alias balik
kucing. (ini mitosnya). Kalau dipikir-pikir memang tidak pantas makan di
depan pintu, fungsi pintu hanya untuk jalan keluar masuk saja. Kalau memang
makan ya di ruang makan atau di tempat yang layak untuk makan. Hubungan dengan
yang nglamar balik lagi apa ya ? otomatis balik, semua cowok pasti pengen calon
istri yang punya sopan santun, lah kalau makannya di depan pintu dan berdiri
pasti ilfeel (ntar disangka kuda, kan makannya kuda berdiri). Karena itu ga
jadi nglamar.
* LEGENDA
Legenda Candi Prambanan
Di dekat kota Yogyakarta terdapat candi Hindu
yang paling indah di Indonesia. Candi ini dibangun dalam abad kesembilan
Masehi. Karena terletak di desa Prambanan, maka candi ini disebut candi
Prambanan tetapi juga terkenal sebagai candi Lara Jonggrang, sebuah nama yang
diambil dari legenda Lara Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Beginilah ceritanya.
Konon tersebutlah seorang raja yang bernama Prabu
Baka. Beliau bertahta di Prambanan. Raja
ini seorang raksasa yang menakutkan dan besar kekuasaannya. Meskipun demikian, kalau sudah
takdir, akhirnya dia kalah juga dengan Raja Pengging. Prabu Baka meninggal di medan perang.
Kemenangan Raja Pengging itu disebabkan karena bantuan orang kuat yang bernama Bondowoso yang juga terkenal sebagai Bandung Bondowoso karena dia mempunyai senjata sakti yang bernama Bandung.
ini seorang raksasa yang menakutkan dan besar kekuasaannya. Meskipun demikian, kalau sudah
takdir, akhirnya dia kalah juga dengan Raja Pengging. Prabu Baka meninggal di medan perang.
Kemenangan Raja Pengging itu disebabkan karena bantuan orang kuat yang bernama Bondowoso yang juga terkenal sebagai Bandung Bondowoso karena dia mempunyai senjata sakti yang bernama Bandung.
Dengan persetujuan Raja Pengging, Bandung
Bondowoso menempati Istana Prambanan. Di sini dia terpesona oleh kecantikan Lara
Jonggrang, putri bekas lawannya — ya, bahkan putri raja yang dibunuhnya.
Bagaimanapun juga, dia akan memperistrinya.
Lara Jonggrang takut menolak pinangan itu. Namun
demikian, dia tidak akan menerimanya begitu saja. Dia mau kawin dengan Bandung
Bondowoso asalkan syarat-syaratnya dipenuhi. Syaratnya ialah supaya dia
dibuatkan seribu candi dan dua sumur yang dalam. Semuanya harus selesai dalam
waktu semalam. Bandung Bondowoso menyanggupinya, meskipun agak keberatan. Dia
minta bantuan ayahnya sendiri, orang sakti yang mempunyai balatentara roh-roh
halus.
Pada hari yang ditentukan, Bandung Bondowoso
beserta pengikutnya dan roh-roh halus mulai membangun candi yang besar
jumlahnya itu. Sangatlah mengherankan cara dan kecepatan mereka bekerja.
Sesudah jam empat pagi hanya tinggal lima buah candi yang harus disiapkan. Di
samping itu sumurnya pun sudah hampir selesai.
Seluruh penghuni Istana Prambanan menjadi
kebingungan karena mereka yakin bahwa semua syarat Lara Jonggrang akan
terpenuhi. Apa yang harus diperbuat? Segera gadis-gadis dibangunkan dan disuruh
menumbuk padi di lesung serta menaburkan bunga yang harum baunya. Mendengar
bunyi lesung dan mencium bau bunga-bungaan yang harum, roh-roh halus
menghentikan pekerjaan mereka karena mereka kira hari sudah siang. Pembuatan
candi kurang sebuah, tetapi apa hendak dikata, roh halus berhenti mengerjakan
tugasnya dan tanpa bantuan mereka tidak mungkin Bandung Bondowoso
menyelesaikannya.
Keesokan harinya waktu Bandung Bondowoso
mengetahui bahwa usahanya gagal, bukan main marahnya. Dia mengutuk para gadis
di sekitar Prambanan tidak akan ada orang yang mau memperistri mereka sampai
mereka menjadi perawan tua. Sedangkan Lara Jonggrang sendiri dikutuk menjadi
arca. Arca tersebut terdapat dalam ruang candi yang besar yang sampai sekarang
dinamai candi Lara Jonggrang. Candi-candi yang ada di dekatnya disebut Candi
Sewu yang artinya seribu.
* CERITA RAKYAT
Kelelawar Yang Pengecut
Di sebuah padang rumput di Afrika, seekor Singa
sedang menyantap makanan. Tiba-tiba seekor burung elang terbang rendah dan
menyambar makanan kepunyaan Singa. “Kurang ajar” kata singa. Sang Raja hutan
itu sangat marah sehingga memerintahkan seluruh binatang untuk berkumpul dan
menyatakan perang terhadap bangsa burung.
“Mulai sekarang segala jenis burung adalah musuh
kita”, usir mereka semua, jangan disisakan !” kata Singa. Binatang lain setuju
sebab mereka merasa telah diperlakukan sama oleh bangsa burung. Ketika malam
mulai tiba, bangsa burung kembali ke sarangnya.
Kesempatan itu digunakan oleh para Singa dan anak
buahnya untuk menyerang. Burung-burung kocar-kacir melarikan diri. Untung masih
ada burung hantu yang dapat melihat dengan jelas di malam hari sehingga mereka
semua bisa lolos dari serangan singa dan anak buahnya.
Melihat bangsa burung kalah, sang kelelawar
merasa cemas, sehingga ia bergegas menemui sang raja hutan. Kelelawar
berkata,”Sebenarnya aku termasuk bangsa tikus, walaupun aku mempunyai sayap.
Maka izinkan aku untuk bergabung dengan kelompokmu, Aku akan mempertaruhkan
nyawaku untuk bertempur melawan burung-burung itu”. Tanpa berpikir panjang
singa pun menyetujui kelelawar masuk dalam kelompoknya.
Malam berikutnya kelompok yang dipimpin singa
kembali menyerang kelompok burung dan berhasil mengusirnya. Keesokan harinya,
menjelang pagi, ketika kelompok Singa sedang istirahat kelompok burung
menyerang balik mereka dengan melempari kelompok singa dengan batu dan
kacang-kacangan. “Awas hujan batu,” teriak para binatang kelompok singa sambil
melarikan diri. Sang kelelawar merasa cemas dengan hal tersebut sehingga ia
berpikiran untuk kembali bergabung dengan kelompok burung. Ia menemui sang raja
burung yaitu burung Elang. “Lihatlah sayapku, Aku ini seekor burung seperti
kalian”. Elang menerima kelelawar dengan senang hati.
Pertempuran berlanjut, kera-kera menunggang gajah
atau badak sambil memegang busur dan anak panah. Kepala mereka dilindungi
dengan topi dari tempurung kelapa agar tidak mempan dilempari batu. Setelah
kelompok singa menang, apa yang dilakukan kelelawar ?. Ia bolak balik berpihak kepada
kelompok yang menang. Sifat pengecut dan tidak berpendirian yang dimiliki
kelelawar lama kelamaan diketahui oleh kedua kelompok singa dan kelompok
burung.
Mereka sadar bahwa tidak ada gunanya saling
bermusuhan. Merekapun bersahabat kembali dan memutuskan untuk mengusir
kelelawar dari lingkungan mereka. Kelelawar merasa sangat malu sehingga ia
bersembunyi di gua-gua yang gelap. Ia baru menampakkan diri bila malam tiba
dengan cara sembunyi-sembunyi.
No comments:
Post a Comment